Permainan Ice Breaking Seru

permainan ice breaking

Pada umumnya, di setiap kegiatan outbound malang pasti terdapat salah satu sesi, yaitu ice breaking, ice breaking merupakan serangkaian kegiatan yang biasa diisi dengan permainan kecil atau minigame. Tak hanya outbound, acara-acara lain seperti pertemuan, masa orientasi sekolah, seminar, ceramah, pelatihan, presentasi, dan kegiatan public speaking lain pun juga menyelipkan sesi ice breaking ini. Dalam bahasa inggris, ice breaking terdiri dari dua kata, yaitu “ice” yang berarti “es”  dan “breaking” yang berarti “memecahkan”. Dan secara istilah, ice breaking adalah sebuah kegiatan atau sesi berupa permainan kecil atau minigame yang bertujuan untuk memecahkan kebekuan agar suatu acara tersebut tidak terasa jenuh dan membosankan.

Pada sesi ice breaking ini, para peserta akan merasa senang setelah bermain permainan dalam sesi ice breaking ini. Jika kita merasa gembira maka rasa semangat akan muncul pada diri kita, rasa penat pun akan hilang. minat dan keterlibatan semua peserta dapat menciptakan makna dan nilai moral pun  juga bisa kita dapatkan pada kegiatan ini.

Ada banyak sekali macam – macam permainan yang seru dan menarik yang ada di sesi ice breaking ini, berikut adalah macam-macam permainan  ice breaking yang seru dan pastinya dapat mencairkan segala suasana :

Salam dan Sapaan

Manfaat dari game satu ini adalah untuk memfokuskan peserta kepada guru, trainer, maupun pemateri, dan membuat suasana yang mulanya rebut menjadi tenang dan kondusif. Permainan ini juga bisa melatih konsentrasi para peserta.

Cara bermainnya pun sangat sederhana, pertama-tama trainer memberikan instruksi kepada para peserta, jika trainer berkata “halo” maka semua peserta menjawab “hai” dan begitu pula sebaliknya, trainer pun juga bisa memberi instruksi tersebut secara berulang-ulang.

Jika terdapat salah satu atau beberapa peserta yang salah menjawab, maka peserta tersebut akan diberi hukuman dengan menghibur para peserta yang lainnya, misalnya berjoget, ataupun menyanyi.

Perkenalan

Manfaat permainan yang satu ini bagi peserta adalah untuk pemperkenalkan teman baru mereka, dan trainer pun juga bisa mengenal nama mereka (peserta) satu per satu, dan juga sebaliknya.

Cara memainkan permainan ini pun cukup mudah, pertama para peserta membuat lingkaran yang beranggotakan 10 peserta, peserta akan diberi waktu selama 10 menit untuk saling mengenalkan diri, setelah itu trainer secara acak menunjuk salah satu peserta untuk menyebutkan nama salah satu peserta yang ditunjuk trainer beserta tempat asalnya.

Jika ada peserta yang salah menjawab, maka akan diberi hukuman dengan menghibur peserta-peserta yang lainnya, misalnya berjoget, ataupun menyanyi.

Pagi Siang Malam

Permainan ini mengajarkan kita agar lebih focus dan konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Cara bermainnya sangat sederhana, mula mula trainer akan menjelaskan peraturan permainan dengan menyebutkan kata pagi, siang, malam sambil membacakan cerita. Ketika dalam cerita tersebut terdapat kata pagi maka peserta harus tepuk tangan 1 kali, jika terdapat kata siang maka tepuk 3 kali, dan jika terdapat kata malam maka tepuk 2 kali. Peserta yang tidak sesuai instruksi dapat diberi hukuman sesuai dengan kesepakatan.

Pesan Berbisik

Permainan ini cukup simple, pertama – tama trainer akan membagi para peserta menjadi beberapa kelompok dengan beranggotakan 4 peserta per kelompok. Masing – masing kelompok berbaris lurus membelakangi trainer. Peserta paling depan dari setiap kelompok menghadap trainer, lalu trainer menyebutkan kalimat yang harus disebutkan dengan membisiknya kepada masing-masing peserta dengan cara menghafalkannya. Peserta terakhir dalam setiap kelompok bertugas menyebutkan dnegan lantang pesan yang baru saja ia terima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *